Cara Bayar PBB Online dan Offline yang Mudah Dilakukan

Cara Bayar PBB Online dan Offline yang Mudah Dilakukan

Pajak Bumi dan Bangunan atau yang biasa disingkat PBB harus dibayarkan secara tertib. Salah satu pajak yang diterapkan di Indonesia itu sendiri dipungut oleh pemerintah terhadap tanah dan bangunannya. Pembayaran PBB yang dilakukan secara tepat waktu pun bisa memberikan banyak manfaat kepada masyarakat dan negara. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui cara bayar PBB online dan offline.

Manfaat Bayar PBB Online dan Offline

Bayar PBB secara tepat memang memberikan banyak manfaat. Adapun salah satu manfaatnya yaitu melancarkan program pembangunan negara. Perlu untuk anda ketahui bahwa pajak adalah sumber penghasilan negara yang digunakan untuk pembiayaan pembangunan. Sebut saja pembangunan jalan, jembatan, rumah sakit, sekolah dan berbagai sarana umum lainnya. Dengan anda taat bayar pajak, maka pembangunan sarana umum tersebut bisa terealisasi secara cepat dan mudah.

Tak hanya itu, bayar PBB juga memungkinkan kelancaran dalam memenuhi kebutuhan subsidi atas pangan, bahan bakar minyak, budaya, kelestarian lingkungan hidup, dana pemilu dan bahkan pengembangan alat transportasi umum. Perlu diketahui juga bahwa pajak juga akan disalurkan untuk biaya belanja pegawai. Dengan demikian, manfaat yang diberikan dari taat bayar pajak tak hanya dirasakan oleh negara saja, akan tetapi juga kita sebagai warga negaranya.

Cara Bayar PBB

Setelah anda mengetahui manfaat yang diberikan dari taat bayar pajak, maka anda bisa mengetahui betapa pentingnya membayar pajak. Maka dari itu, anda jangan sampai lalai ataupun malas untuk bayar PBB. Cara pembayaran PBB itu sendiri bisa dilakukan secara online maupun offline dengan mendatanginya langsung. Lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan berikut.

Bayar PBB Online

Untuk bayar PBB online, anda bisa langsung mendatangi mesin ATM dari bank yang sudah ditunjuk untuk memudahkan pembayaran PBB secara online. Setelah itu, anda pilih menu Pembayaran dan klik menu Pajak. Langkah selanjutnya, anda input nomor objek pajak yang ada di bagian layar ATM. Anda bisa menunggunya sampai ada menu tahun pembayaran. Apabila sudah muncul, maka anda bisa langsung memasukkan tahun pembayaran.

Anda tunggu saja sampai muncul informasi mengenai detail objek pajak, jumlah tagihan yang perlu dibayarkan dan nama wajib pajak. Jika sudah muncul, anda bisa memeriksanya semua informasi tersebut. Apabila informasinya sudah benar, maka anda bisa menekan tombol bayar. Nantinya anda juga akan mendapatkan informasi di layar ATM mengenai konfirmasi pembayaran pajak sukses.

Bayar PBB Offline

Selain bayar PBB secara online, anda juga bisa membayar PBB secara offline. Adapun caranya yaitu dengan mendatangi langsung tempat pembayaran pajak. Sebut saja kantor pos, bank, giro maupun tempat pembayaran lainnya yang sudah tercantum di dalam SPPT yang sebelumnya disampaikan kepada anda. Selain mendatangi tempat tersebut, anda juga bisa membayarkan PBB ke petugas dari kelurahan yang biasanya ditugaskan untuk mengantarkan surat pemberitahuan pembayaran PBB. Dalam hal ini, petugas desa yang akan mendatangi rumah anda.

Cara bayar PBB online maupun offline memang mudah untuk dilakukan. Kedua cara tersebut tak akan menyita banyak waktu dan tenaga anda. Hal ini dikarenakan cara bayar pajak secara online maupun offline lewat petugas desa tak mengharuskan anda untuk mengantri lama. Dengan kemudahan bayar pajak yang diperlihatkan, maka tak alasan bagi anda untuk telat atau bahkan enggan bayar pajak. Oleh sebab itu, pastikan anda pahami cara bayar pajak agar memudahkan anda nantinya. Pastikan bayar pajak tepat waktu.

Related Posts

About The Author

Add Comment