Inilah Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Pasca Bayar

Inilah Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Pasca Bayar

Tak bisa dipungkiri bahwa listrik menjadi kebutuhan utama yang mendukung rutinitas sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan akan listrik tersebut, pihak PLN menyediakan PLN prabayar dan pasca bayar. Berbeda dengan PLN prabayar yang bisa diisi kapan saja, PLN pasca bayar wajib dibayarkan setiap bulannya. Jika tidak, maka daya listrik akan dicabut. Dalam pembayaran PLN pasca bayar ini sendiri dibutuhkan ID pelanggan. Untuk mengetahuinya, anda bisa simak ulasan mengenai cara mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar berikut ini.

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Pasca Bayar

Saat anda ingin membayar tagihan PLN pasca bayar, anda pastinya akan ditanya perihal nomor meter/IDPEL atau yang biasa dikenal dengan ID pelanggan PLN. Tak mengherankan karena ID pelanggan PLN adalah salah satu syarat yang harus anda penuhi untuk melakukan pembayaran supaya tak salah sasaran pelanggan. Cara untuk mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar itu sendiri sangat beragam. Beberapa cara diantaranya yaitu:

Struk Tagihan

Salah satu cara mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar yang pertama yaitu dengan melihat struk tagihan pada bulan sebelumnya. Dalam struk tagihan pembayaran pada bulan sebelumnya sudah tertulis secara jelas ID pelanggannya. Untuk memudahkan anda dalam mencarinya di kemudian hari, pastikan anda menyimpan struk tagihan tersebut secara baik. Bahkan bila perlu anda mengambil fotonya untuk disimpan di hp.

Kartu PLN

Selain melihat ID pelanggan dari struk tagihan pada bulan sebelumnya, anda juga bisa mengetahui ID pelanggan dengan membaca kartu PLN yang diberikan kepada anda. Seperti yang diketahui, kartu PLN seringkali diberikan ketika anda melakukan pendaftaran listrik. Di dalam kartu PLN tersebut terdapat nomor meter yang adalah ID pelanggan PLN anda. Untuk mengantisipasi kartu PLN hilang ataupun lupa menaruhnya, ada baiknya anda fotocopy kartu PLN tersebut sebagai pengingat apabila dibutuhkan lagi nantinya.

Meteran Listrik

ID pelanggan PLN juga bisa anda ketahui secara mudah dari meteran listriknya. Pada umumnya, ID pelanggan PLN terdiri dari 11 sampai dengan 12 digit angka. Dengan anda mengetahui jumlah digit angkanya, maka anda akan semakin mudah dalam menemukan ID pelanggan.

Struk Pembayaran e-Commerce

Struk pembayaran e-commerce juga bisa anda manfaatkan untuk mengecek ID pelanggan PLN anda. Seperti yang diketahui, pembayaran tagihan listrik juga bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan situs e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan masih banyak lainnya. Jika anda membayarnya dengan memanfaatkan situs e-commerce, maka anda bisa cek ID pelanggan dengan membuka e-mail yang berisikan bukti pembayaran tagihan listrik. Dalam struk tersebut, anda bisa melihat secara jelas mengenai ID pelanggan PLN anda. Pastikan anda mencatat sekaligus menyimpannya secara baik sehingga akan memudahkan anda ketika ingin menggunakannya di lain hari.

Call Center PLN

Cara mengetahui ID pelanggan PLN pasca bayar lainnya yaitu dengan menghubungi call center PLN. Dalam hal ini, anda bisa menghubungi via telepon maupun mengirim pesan dengan WhatsApp. Selain itu, anda juga bisa menghubungi PLN melalui akun media sosialnya, seperti Twitter dan Facebook. Bahkan anda juga bisa hubungi via e-mail. Adapun nomor WhatsApp PLN yaitu 123, telepon (kode area) 123, akun Twitter @pln_123, Facebook PLN 123 dan e-mail [email protected] Ketika anda menghubungi call center PLN, anda bisa menanyakan ID pelanggan secara langsung. Pastikan juga anda memberitahukan mengenai beberapa data pribadi yang dibutuhkan. Dalam waktu singkat, anda sudah akan mengetahui ID pelanggan anda. Pastikan anda mencatat dan menyimpannya sebaik mungkin.

Related Posts

About The Author

Add Comment