Mengenal Payment Gateway di Indonesia dan Tips Memilihnya

Mengenal Payment Gateway di Indonesia dan Tips Memilihnya

Kini transaksi bisa dilakukan secara mudah, efektif dan praktis berkat perkembangan teknologi yang pesat. Adapun kemajuan teknologi tersebut menghadirkan payment gateway yang memungkinkan anda bisa melakukan transaksi dari mana dan kapan saja secara cepat. Maka dari itu, pastikan anda mengenal lebih dekat payment gateway di Indonesia. Info lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan yang kami bagikan di bawah ini.

Payment Gateway di Indonesia

Payment gateway adalah sistem transaksi secara online yang terbukti mampu melancarkan segala keperluan masyarakat. Metode pembayaran yang satu ini bisa anda manfaatkan untuk bank transfer, kartu kredit, direct debit dan bahkan saldo online. Mengenai cara kerjanya, payment gateway memanfaatkan sistem enkripsi atau pengkodean unik yang ada di data nomor kartu debit atau kartu kredit. Hal tersebut bisa dengan mudah dilakukan oleh payment processor.

Dalam penggunaannya, payment gateway terbukti menguntungkan. Dengan adanya payment gateway, anda tak perlu repot-repot pergi ke pihak penjual yang produknya anda beli untuk melakukan pembayaran secara langsung. Hal ini dikarenakan semua proses transaksi bisa dilakukan secara online. Mulai dari menulis cek, mengirim uang dan masih banyak lainnya. Untuk mendapatkan kemudahan dalam memanfaatkan payment gateway ini pun, anda hanya perlu mengisi akunnya dengan sejumlah nominal uang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Perlu untuk anda ketahui bahwa payment gateway di Indonesia terbukti aman dan nyaman untuk dimanfaatkan dalam bertransaksi. Ada banyak alasan mengapa payment gateway aman dan nyaman digunakan, salah satunya yaitu adanya sistem pelacakan yang dibekalkan dalam teknologinya. Adapun sistem pelacakan tersebut yaitu AVS (Addres Verification System), CV2 (Card Security Code) dan 3D Secure Password.

AVS ini memungkinkan rincian tagihan anda akan diperiksa sekaligus disesuaikan dengan alamat kartu yang sudah terdaftar di dalamnya. Untuk CV2, sistem ini akan melindungi anda dalam bertransaksi. Untuk mendapatkan jaminan keamanannya, anda harus mengetikkan tiga digit angka yang terakhir dan gunakan di bagian belakang kartu kredit atau kartu debit. Sementara untuk 3D Secure Password, sistem ini mampu mengotorisasi pembayaran transaksi. Dengan begitu, transaksi yang anda lakukan dijamin aman dan lancar.

Tips Memilih Payment Gateway

Tips Memilih Payment Gateway Indonesia

Payment gateway yang ada di Indonesia sangat beragam. Dimana tiap payment gateway memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Supaya anda tak merasa dirugikan nantinya, ada baiknya anda simak beberapa tips dalam memilih payment gateway berikut ini.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Agar anda mendapatkan payment gateway yang sangat bermanfaat untuk anda, pastikan memilih payment gateway yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja payment gateway untuk game tak cocok jika diterapkan pada kebutuhan jualan. Begitu pun sebaliknya. Dengan anda menyesuaikan payment gateway dengan kebutuhan, maka anda dan pelanggan akan merasa lebih nyaman dalam menggunakannya. Untuk itu, pastikan dulu apa kebutuhan anda.

Perhatikan Kredibilitas

Sebelum benar-benar menggunakannya, pastikan anda mengecek kredibilitas payment gateway yang anda pilih. Hal ini dikarenakan payment gateway yang benar-benar kredibel sudah pasti mampu memberikan banyak manfaat kepada penggunanya. Transaksi yang anda lakukan dengan payment gateway di Indonesia yang anda pilih tersebut juga aman dan lancar. Untuk mengetahui tingkat kredibilitas payment gateway itu sendiri, anda bisa melihat merchant bank yang menjalin kerjasama dengannya. Dimana semakin banyak merchant bank yang menjalin kerjasama, maka payment gateway tersebut semakin terpercaya. Perlu diketahui bahwa banyaknya merchant bank memungkinkan transaksi bisa dilakukan secara lebih mudah.

Related Posts

About The Author